Sejarah WEB
Internet sudah menjadi hal yang sangat dekat bagi masyarakat ataupun penggunanya di jaman sekarang, namun apakah kalian mengetahui sejarah nya itu?. Mungkin, sebagian besar penggunanya tidak mengetahui sejarahnya. Saya ingin menjelaskan dan memberikan informasi tentang sejarah web. Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (nama lainnya adalah CERN), yaitu di kota Geneva antara perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Pada bulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti-peneliti CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya saling membagi informasi dan menampilkan informasi dalam bentuk grafik ataupun gambar. Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Caranya cukup mudah pengguna atau user mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Namun waktu itu hanya bisa pada Sistem Operasi UNIX, dan Windows belum bisa menggunakannya.
Lalu munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications). Pada bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan, Mosaic menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen keluar dari NCSA, kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Kemudian pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web. Browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar puluhan juta pemakai diseluruh dunia.
Web merupakan sebuah database jaringan komputer diseluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan informasi yang umum. Secara konsep web merupakan sebuah client atau server manajemen database. Web berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1. Antarmuka yang konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
2. Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai jenis dokumen dan protokol.
1. Antarmuka yang konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
2. Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai jenis dokumen dan protokol.
Dokumen web harus ditulis dalam suatu format khusus yang memungkinkan hypertext saling terjalin untuk bekerja. Format ini adalah Hypertext Markup Language (HTML). HTML merupakan bagian dari Stpenggunard Generalized Markup Language (SGML). SGML merupakan stpenggunar dari International Stpenggunard Organization (ISO), untuk mendefinisikan format pada dokumen teks.
Macam-macam situs web
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Demikian yang saya tau tentang sejarah dari web. Mungkin bagi pengguna lainnya sejarah tidak penting (yang penting bisa browsing), namun alangkah bagusnya apabila kita mengetahui sedikit saja tentang web, walaupun sudah lama sejarah web tersebut.
Sumber : http://firmanfujiansyah.wordpress.com/2010/03/01/sejarah-web/
Perkembangan WEB
WEB
Apa itu Web ?
Web adalah terampil dalam desain web dan pengembangan, komunikasi pemasaran, iklan online, media cetak dan banyak lagi. Dengan berbagai pengetahuan proses bisnis dan keterampilan teknis, Web akan memenuhi kebutuhan kritis bisnis Anda.
Dengan mengkhususkan diri dalam solusi khusus berkualitas dengan harga yang paling kompetitif, Web mendorong lingkungan kerja yang kolaboratif. Solusi terbaik dicapai dengan bekerja secara fleksibel dengan setiap klien.
“Web Definition has always been, and continues to be, our go-to-source for all aspects of our Web Design and Management. The team is always friendly, creative, effective, on-time and on-budget.” President Porter Hill, Inc. (Tecnology)
Dengan mengkhususkan diri dalam solusi khusus berkualitas dengan harga yang paling kompetitif, Web mendorong lingkungan kerja yang kolaboratif. Solusi terbaik dicapai dengan bekerja secara fleksibel dengan setiap klien.
“Web Definition has always been, and continues to be, our go-to-source for all aspects of our Web Design and Management. The team is always friendly, creative, effective, on-time and on-budget.” President Porter Hill, Inc. (Tecnology)
Web 1.0
Sejarah
Hyperlink antara halaman Web dimulai dengan merilis WWW kepada publik pada tahun 1993, dan menjelaskan Web sebelum “ledakan gelembung dot-com” pada tahun 2001.
Sejak tahun 2004, Web 2.0 telah menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan web sosial, terutama model bisnis saat inisitus di World Wide Web.
Hyperlink antara halaman Web dimulai dengan merilis WWW kepada publik pada tahun 1993, dan menjelaskan Web sebelum “ledakan gelembung dot-com” pada tahun 2001.
Sejak tahun 2004, Web 2.0 telah menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan web sosial, terutama model bisnis saat inisitus di World Wide Web.
Karakterisik
Terry Flew, di Edisi ke-3 dari New Media menggambarkan apa yang ia percaya untuk mencirikan perbedaan antara Web 1.0 dan Web 2.0:
“Pindah dari situs pribadi untuk blog dan situs blog agregasi, dari penerbitan untuk partisipasi, dari konten web sebagai hasil besar di muka investasi untuk proses yang berkelanjutan dan interaktif, dan dari sistem manajemen konten untuk link berdasarkan tag (folksonomy)”. Anthony Flew percaya akan faktor di atas yang membentuk perubahan dasar dalam tren yang mengakibatkan terjadinya “menggila” Web 2.0.
Pergeseran dari Web 1.0 ke Web 2.0 dapat dilihat sebagai akibat dari perbaikan teknologi, yang meliputi adaptasi seperti “broadband, browser ditingkatkan, dan AJAX, munculnya platform aplikasi Flash dan pengembangan massa widgetization, seperti Flickr dan YouTube badge “. Selain penyesuaian tersebut ke Internet, pergeseran dari Web 1.0 ke Web 2.0 adalah akibat langsung dari perubahan perilaku mereka yang menggunakan World Wide Web. Web 1.0 tren termasuk kekhawatiran atas masalah privasi mengakibatkan arus satu arah informasi, melalui situs yang berisi “read-only” materi. Sekarang, selama Web 2.0, penggunaan Web dapat dicirikan sebagai desentralisasi konten situs web, yang sekarang dihasilkan dari “bottom-up”, Dengan banyak pengguna menjadi kontributor dan produsen informasi, serta konsumen tradisional.
Untuk mengambil contoh dari atas, halaman web pribadi yang umum di Web 1.0, dan ini terdiri dari halaman statis terutama host di layanan hosting gratis seperti GeoCities.
Pada KTT TechNet pada bulan November 2006, Reed Hastings, pendiri dan CEO Netflix, menyatakan rumus sederhana untuk mendefinisikan tahapan Web: “Web 1.0 adalah dial-up, bandwidth rata-rata 50K, Web 2.0 adalah 1 rata megabit bandwidth dan Web 3.0 akan 10 megabits bandwidth semua waktu, yang akan menjadi web video penuh, dan itu akan merasa seperti Web 3.0″ Reed Hastings
Terry Flew, di Edisi ke-3 dari New Media menggambarkan apa yang ia percaya untuk mencirikan perbedaan antara Web 1.0 dan Web 2.0:
“Pindah dari situs pribadi untuk blog dan situs blog agregasi, dari penerbitan untuk partisipasi, dari konten web sebagai hasil besar di muka investasi untuk proses yang berkelanjutan dan interaktif, dan dari sistem manajemen konten untuk link berdasarkan tag (folksonomy)”. Anthony Flew percaya akan faktor di atas yang membentuk perubahan dasar dalam tren yang mengakibatkan terjadinya “menggila” Web 2.0.
Pergeseran dari Web 1.0 ke Web 2.0 dapat dilihat sebagai akibat dari perbaikan teknologi, yang meliputi adaptasi seperti “broadband, browser ditingkatkan, dan AJAX, munculnya platform aplikasi Flash dan pengembangan massa widgetization, seperti Flickr dan YouTube badge “. Selain penyesuaian tersebut ke Internet, pergeseran dari Web 1.0 ke Web 2.0 adalah akibat langsung dari perubahan perilaku mereka yang menggunakan World Wide Web. Web 1.0 tren termasuk kekhawatiran atas masalah privasi mengakibatkan arus satu arah informasi, melalui situs yang berisi “read-only” materi. Sekarang, selama Web 2.0, penggunaan Web dapat dicirikan sebagai desentralisasi konten situs web, yang sekarang dihasilkan dari “bottom-up”, Dengan banyak pengguna menjadi kontributor dan produsen informasi, serta konsumen tradisional.
Untuk mengambil contoh dari atas, halaman web pribadi yang umum di Web 1.0, dan ini terdiri dari halaman statis terutama host di layanan hosting gratis seperti GeoCities.
Pada KTT TechNet pada bulan November 2006, Reed Hastings, pendiri dan CEO Netflix, menyatakan rumus sederhana untuk mendefinisikan tahapan Web: “Web 1.0 adalah dial-up, bandwidth rata-rata 50K, Web 2.0 adalah 1 rata megabit bandwidth dan Web 3.0 akan 10 megabits bandwidth semua waktu, yang akan menjadi web video penuh, dan itu akan merasa seperti Web 3.0″ Reed Hastings
elemen desain
- Beberapa elemen desain dari sebuah situs Web 1.0 meliputi:
- Statis halaman bukan konten yang dibuat pengguna dinamis.
- Penggunaan himpunan bingkai.
- Penggunaan tabel untuk posisi dan menyelaraskan elemen pada halaman. Ini sering digunakan dalam kombinasi dengan GIF “spacer” (1×1 gambar transparan pixel dalam format GIF).
- Ekstensi HTML proprietary seperti dan tag diperkenalkan selama perang browser pertama.
- Guestbook Online.
- GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran mempromosikan browser web dan produk lainnya.
- Bentuk HTML dikirim melalui email. Seorang pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mengklik submit klien email mereka akan mencoba mengirim email yang berisi rincian form
- Beberapa elemen desain dari sebuah situs Web 1.0 meliputi:
- Statis halaman bukan konten yang dibuat pengguna dinamis.
- Penggunaan himpunan bingkai.
- Penggunaan tabel untuk posisi dan menyelaraskan elemen pada halaman. Ini sering digunakan dalam kombinasi dengan GIF “spacer” (1×1 gambar transparan pixel dalam format GIF).
- Ekstensi HTML proprietary seperti dan tag diperkenalkan selama perang browser pertama.
- Guestbook Online.
- GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran mempromosikan browser web dan produk lainnya.
- Bentuk HTML dikirim melalui email. Seorang pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mengklik submit klien email mereka akan mencoba mengirim email yang berisi rincian form
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Web_1.0
Web 2.0
Web 2.0 adalah persimpangan longgar didefinisikan fitur aplikasi web yang memfasilitasi pertukaran informasi partisipatif,interoperabilitas, pengguna berpusat desain, dan kolaborasi di World Wide Web. Sebuah situs Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain dalam dialogmedia sosial sebagai pencipta (prosumers) dari konten yang dibuat pengguna dalam komunitas virtual, berbeda dengan website di mana pengguna (konsumen) yang terbatas pada melihat pasifkonten yang diciptakan untuk mereka. Meskipun istilah menunjukkan versi baru dari World Wide Web, tidak lihat pembaruan untuk setiap spesifikasi teknis, melainkan untuk kumulatif perubahan pada cara perangkat lunak pengembang dan pengguna akhir menggunakan Web. Apakah Web 2.0 adalahkualitatif berbeda dari teknologi web sebelumnya telah ditentang oleh penemu World Wide Web Tim Berners-Lee, yang menyebut istilah “sepotong jargon”, justru karena ia bermaksud Web dalam visinya sebagai “kolaboratif menengah, tempat di mana kita bisa semua bertemu dan membaca dan menulis “. Dia menyebutnya “Baca / Tulis Web”.
sejarah
Istilah “Web 2.0″ pertama kali digunakan pada Januari 1999 oleh Darcy DiNucci, seorang konsultan pada desain informasi elektronik (arsitektur informasi). Dalam artikelnya, “Masa Depan Terfragmentasi”, DiNucci menulis: Web kita tahu sekarang, yang beban ke jendela browser di screenfuls dasarnya statis, hanya merupakan embrio dari Web yang akan datang. Para glimmerings pertama dari Web 2.0 mulai muncul, dan kami baru memulai untuk melihat bagaimana embrio yang mungkin berkembang. Web akan dipahami bukan sebagai screenfuls teks dan grafis tetapi sebagai mekanisme transportasi, eter melalui interaktivitas yang terjadi.
Pemakaiannya atas penawaran jangka terutama dengan desain Web, estetika, dan interkoneksi benda sehari-hari dengan internet, dia berpendapat bahwa Web adalah “fragmenting” karena meluasnya penggunaan portabel Web-siap perangkat. Artikelnya ditujukan untuk desainer, mengingatkan mereka untuk kode untuk berbagai terus meningkat dari perangkat keras. Dengan demikian, dia menggunakan istilah dari petunjuk pada, tetapi tidak secara langsung berhubungan dengan, penggunaan saat ini dari istilah tersebut.
John Robb menulis ”Web 2.0 Ini adalah sebuah sistem yang memecah dengan model lama dari situs Web terpusat dan menggerakkan kekuatan Internet Web / ke desktop “.
Pada tahun 2003, istilah mulai naik dalam popularitas ketika O’Reilly Media dan MediaLive tuan rumah konferensi web 2.0 pertama. Dalam sambutan pembukaan mereka, John Battelle dan Tim O’Reilly dijelaskan definisi mereka dari “Web sebagai Platform”, di mana aplikasi perangkat lunak yang dibangun di atas Web sebagai lawan pada desktop. Aspek unik dari migrasi ini, menurut mereka, adalah bahwa “pelanggan membangun bisnis Anda untuk Anda”.
Dalam hal masyarakat awam, Web 2.0 jangka sebagian besar diperjuangkan oleh blogger dan wartawan teknologi, yang berpuncak dalam Pribadi 2006 majalah TIME of The Year. Sejak saat itu, Web 2.0 telah menemukan tempat di leksikon, pada tahun 2009 Language Monitor global menyatakan itu adalah firman satu juta Inggris.
Pemakaiannya atas penawaran jangka terutama dengan desain Web, estetika, dan interkoneksi benda sehari-hari dengan internet, dia berpendapat bahwa Web adalah “fragmenting” karena meluasnya penggunaan portabel Web-siap perangkat. Artikelnya ditujukan untuk desainer, mengingatkan mereka untuk kode untuk berbagai terus meningkat dari perangkat keras. Dengan demikian, dia menggunakan istilah dari petunjuk pada, tetapi tidak secara langsung berhubungan dengan, penggunaan saat ini dari istilah tersebut.
John Robb menulis ”Web 2.0 Ini adalah sebuah sistem yang memecah dengan model lama dari situs Web terpusat dan menggerakkan kekuatan Internet Web / ke desktop “.
Pada tahun 2003, istilah mulai naik dalam popularitas ketika O’Reilly Media dan MediaLive tuan rumah konferensi web 2.0 pertama. Dalam sambutan pembukaan mereka, John Battelle dan Tim O’Reilly dijelaskan definisi mereka dari “Web sebagai Platform”, di mana aplikasi perangkat lunak yang dibangun di atas Web sebagai lawan pada desktop. Aspek unik dari migrasi ini, menurut mereka, adalah bahwa “pelanggan membangun bisnis Anda untuk Anda”.
Dalam hal masyarakat awam, Web 2.0 jangka sebagian besar diperjuangkan oleh blogger dan wartawan teknologi, yang berpuncak dalam Pribadi 2006 majalah TIME of The Year. Sejak saat itu, Web 2.0 telah menemukan tempat di leksikon, pada tahun 2009 Language Monitor global menyatakan itu adalah firman satu juta Inggris.
Karakteristik
Web 2.0 website memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari sekedar mengambil informasi. Dengan meningkatkan apa yang sudah mungkin di “Web 1.0″, mereka menyediakan pengguna dengan lebih user-interface, perangkat lunak dan gudang penyimpanan semua melalui browser mereka. Hal ini dinamakan”Jaringan sebagai platform” komputasi. Pengguna dapat menyediakan data yang ada di situs Web 2.0 dan menjalankan kontrol data. Situs-situs tersebut mungkin memiliki “Arsitektur partisipasi” yang mendorong pengguna untuk menambah nilai aplikasi seperti mereka menggunakannya.
Konsep Web sebagai partisipasi platform menangkap banyak karakteristik tersebut. Bart Decrem, pendiri dan mantan CEO dariFlock, panggilan Web 2.0 “Web partisipatif” dan tentang Web sebagai informasi sumber sebagai Web 1.0.
Web 2.0 menawarkan semua pengguna kebebasan yang sama untuk berkontribusi. Meskipun hal ini membuka kemungkinan untuk debat rasional dan kolaborasi, itu juga membuka kemungkinan untuk “spam” dan “trolling” oleh pengguna kurang rasional. Menurut terbaik, karakteristik dari Web 2.0 adalah: pengalaman pengguna yang kaya, partisipasi pengguna, konten dinamis, metadata, standar web dan skalabilitas.Karakteristik lebih lanjut, seperti keterbukaan, kebebasan dan kecerdasan kolektif dengan cara partisipasi pengguna, juga dapat dilihat sebagai atribut penting dari Web 2.0.
Konsep Web sebagai partisipasi platform menangkap banyak karakteristik tersebut. Bart Decrem, pendiri dan mantan CEO dariFlock, panggilan Web 2.0 “Web partisipatif” dan tentang Web sebagai informasi sumber sebagai Web 1.0.
Web 2.0 menawarkan semua pengguna kebebasan yang sama untuk berkontribusi. Meskipun hal ini membuka kemungkinan untuk debat rasional dan kolaborasi, itu juga membuka kemungkinan untuk “spam” dan “trolling” oleh pengguna kurang rasional. Menurut terbaik, karakteristik dari Web 2.0 adalah: pengalaman pengguna yang kaya, partisipasi pengguna, konten dinamis, metadata, standar web dan skalabilitas.Karakteristik lebih lanjut, seperti keterbukaan, kebebasan dan kecerdasan kolektif dengan cara partisipasi pengguna, juga dapat dilihat sebagai atribut penting dari Web 2.0.
Teknologi
Teknologi browser yang client-side/web digunakan dalam pengembangan Web 2.0 Asynchronous JavaScript dan XML (Ajax), Adobe Flash dan Adobe Flex kerangka, dan JavaScript / Ajax kerangka kerja seperti YUI Perpustakaan, Dojo Toolkit, MooTools, jQuery dan Prototype JavaScript Kerangka .
Adobe Flex adalah teknologi lain sering digunakan dalam aplikasi Web 2.0. Dibandingkan dengan perpustakaan seperti jQuery JavaScript, Flex memudahkan pemrogram untuk mengisi grid data yang besar, grafik, dan interaksi pengguna berat. [22] Aplikasi diprogram di Flex, dikompilasi dan ditampilkan sebagai Flash dalam browser. Sebagai sebuah plugin tersedia secara luas independen dari W3C (World Wide Web Consortium, badan web standar dan protokol) standar, Flash yang mampu melakukan banyak hal yang tidak mungkin pra-HTML5, bahasa yang digunakan untuk membangun halaman web. Tentu banyak kemampuan Flash, yang paling umum digunakan di Web 2.0 adalah kemampuannya untuk memutar file audio dan video. Hal ini telah memungkinkan untuk menciptakan situs Web 2.0 dimana media video mulus diintegrasikan dengan HTML standar.
Selain Flash dan Ajax, JavaScript / Ajax kerangka kerja baru ini menjadi sarana yang sangat populer untuk menciptakan situs Web 2.0. Pada intinya, kerangka kerja ini tidak menggunakan teknologi apapun yang berbeda dari JavaScript, Ajax, dan DOM. Apa kerangka lakukan adalah lebih halus inkonsistensi antara web browser dan memperluas fungsionalitas tersedia untuk pengembang. Banyak dari mereka juga datang dengan disesuaikan, ‘widgets’ prefabrikasi bahwa menyelesaikan tugas-tugas umum seperti memilih tanggal dari kalender, menampilkan grafik data, atau membuat tab panel.
Di sisi server, Web 2.0 menggunakan banyak teknologi yang sama sebagai Web 1.0. Bahasa baru seperti PHP, Ruby, Perl, Python dan JSP digunakan oleh pengembang untuk data output secara dinamis dengan menggunakan informasi dari file dan database.Apa yang sudah mulai berubah di Web 2.0 adalah cara data ini diformat. Untuk berbagi data dengan situs lain, situs web harus mampu menghasilkan output dalam format yang dapat dibaca mesin seperti XML (Atom, RSS, dll) dan JSON. Ketika data situs tersedia dalam salah satu format ini, situs web lain dapat menggunakannya untuk mengintegrasikan sebagian dari fungsionalitas yang situs ke dalam dirinya, yang menghubungkan dua bersama-sama. Ketika pola desain diimplementasikan, akhirnya mengarah pada data yang kedua lebih mudah ditemukan dan lebih menyeluruh dikategorikan, ciri dari filosofi di balik gerakan Web 2.0.
Singkatnya, Ajax adalah teknologi utama yang digunakan untuk membangun Web 2.0 karena memberikan pengalaman pengguna yang kaya dan bekerja dengan browser apapun apakah itu Firefox, Chrome, Internet Explorer atau browser lain yang populer.Kemudian, sebuah bahasa dengan sangat baik dukungan layanan web harus digunakan untuk membangun aplikasi Web 2.0. Selain itu, bahasa yang digunakan harus berulang arti bahwa penambahan dan penyebaran fitur dapat dengan mudah dan cepat dicapai.
Adobe Flex adalah teknologi lain sering digunakan dalam aplikasi Web 2.0. Dibandingkan dengan perpustakaan seperti jQuery JavaScript, Flex memudahkan pemrogram untuk mengisi grid data yang besar, grafik, dan interaksi pengguna berat. [22] Aplikasi diprogram di Flex, dikompilasi dan ditampilkan sebagai Flash dalam browser. Sebagai sebuah plugin tersedia secara luas independen dari W3C (World Wide Web Consortium, badan web standar dan protokol) standar, Flash yang mampu melakukan banyak hal yang tidak mungkin pra-HTML5, bahasa yang digunakan untuk membangun halaman web. Tentu banyak kemampuan Flash, yang paling umum digunakan di Web 2.0 adalah kemampuannya untuk memutar file audio dan video. Hal ini telah memungkinkan untuk menciptakan situs Web 2.0 dimana media video mulus diintegrasikan dengan HTML standar.
Selain Flash dan Ajax, JavaScript / Ajax kerangka kerja baru ini menjadi sarana yang sangat populer untuk menciptakan situs Web 2.0. Pada intinya, kerangka kerja ini tidak menggunakan teknologi apapun yang berbeda dari JavaScript, Ajax, dan DOM. Apa kerangka lakukan adalah lebih halus inkonsistensi antara web browser dan memperluas fungsionalitas tersedia untuk pengembang. Banyak dari mereka juga datang dengan disesuaikan, ‘widgets’ prefabrikasi bahwa menyelesaikan tugas-tugas umum seperti memilih tanggal dari kalender, menampilkan grafik data, atau membuat tab panel.
Di sisi server, Web 2.0 menggunakan banyak teknologi yang sama sebagai Web 1.0. Bahasa baru seperti PHP, Ruby, Perl, Python dan JSP digunakan oleh pengembang untuk data output secara dinamis dengan menggunakan informasi dari file dan database.Apa yang sudah mulai berubah di Web 2.0 adalah cara data ini diformat. Untuk berbagi data dengan situs lain, situs web harus mampu menghasilkan output dalam format yang dapat dibaca mesin seperti XML (Atom, RSS, dll) dan JSON. Ketika data situs tersedia dalam salah satu format ini, situs web lain dapat menggunakannya untuk mengintegrasikan sebagian dari fungsionalitas yang situs ke dalam dirinya, yang menghubungkan dua bersama-sama. Ketika pola desain diimplementasikan, akhirnya mengarah pada data yang kedua lebih mudah ditemukan dan lebih menyeluruh dikategorikan, ciri dari filosofi di balik gerakan Web 2.0.
Singkatnya, Ajax adalah teknologi utama yang digunakan untuk membangun Web 2.0 karena memberikan pengalaman pengguna yang kaya dan bekerja dengan browser apapun apakah itu Firefox, Chrome, Internet Explorer atau browser lain yang populer.Kemudian, sebuah bahasa dengan sangat baik dukungan layanan web harus digunakan untuk membangun aplikasi Web 2.0. Selain itu, bahasa yang digunakan harus berulang arti bahwa penambahan dan penyebaran fitur dapat dengan mudah dan cepat dicapai.
Web 2.0 dalam pendidikan
Teknologi Web 2.0 menyediakan guru dengan cara-cara baru untuk melibatkan para siswa dengan cara yang berarti. Web 2.0 menunjukkan siswa bahwa pendidikan adalah entitas terus berkembang. Apakah itu berpartisipasi dalam diskusi kelas, atau berpartisipasi dalam forum diskusi, teknologi yang tersedia untuk siswa di kelas Web 2.0 tidak meningkatkan jumlah mereka berpartisipasi.
Richardson akan dinyatakan dalam Blog, Wiki, Podcast dan alat Powerfull Web untuk Kelas, 3rd Edition bahwa, “memiliki Web potensi untuk secara radikal mengubah apa yang kita asumsikan tentang mengajar dan belajar, dan memberi kita pertanyaan penting untuk direnungkan: Apa kebutuhan untuk mengubah tentang kurikulum kami ketika siswa kami memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang jauh di luar dinding kelas kami ” Web 2.0 tools yang diperlukan di dalam kelas untuk mempersiapkan para siswa dan guru untuk pergeseran pembelajaran yang Collins dan Halverson menjelaskan. Menurut Collins dan Halverson, diri-aspek penerbitan serta kecepatan yang pekerjaan mereka menjadi tersedia untuk konsumsi memungkinkan guru untuk memberikan siswa kontrol yang mereka butuhkan lebih dari pembelajaran mereka. Kontrol ini adalah siswa persiapan akan butuhkan untuk menjadi sukses sebagai pembelajaran memperluas luar kelas “.
Richardson akan dinyatakan dalam Blog, Wiki, Podcast dan alat Powerfull Web untuk Kelas, 3rd Edition bahwa, “memiliki Web potensi untuk secara radikal mengubah apa yang kita asumsikan tentang mengajar dan belajar, dan memberi kita pertanyaan penting untuk direnungkan: Apa kebutuhan untuk mengubah tentang kurikulum kami ketika siswa kami memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang jauh di luar dinding kelas kami ” Web 2.0 tools yang diperlukan di dalam kelas untuk mempersiapkan para siswa dan guru untuk pergeseran pembelajaran yang Collins dan Halverson menjelaskan. Menurut Collins dan Halverson, diri-aspek penerbitan serta kecepatan yang pekerjaan mereka menjadi tersedia untuk konsumsi memungkinkan guru untuk memberikan siswa kontrol yang mereka butuhkan lebih dari pembelajaran mereka. Kontrol ini adalah siswa persiapan akan butuhkan untuk menjadi sukses sebagai pembelajaran memperluas luar kelas “.
Beberapa mungkin berpikir bahwa teknologi ini dapat menghambat interaksi pribadi siswa, namun semua titik-titik penelitian untuk sebaliknya. “Situs jejaring sosial telah khawatir banyak pendidik (dan orang tua) karena mereka sering membawa dengan mereka hasil yang tidak positif: narsisme, gosip, waktu yang terbuang, ‘berteman’, sakit hati, reputasi rusak, dan terkadang buruk, kegiatan bahkan berbahaya. Sebaliknya, situs jaringan sosial mempromosikan percakapan dan interaksi yang didorong oleh pendidik “. Dengan membiarkan siswa untuk menggunakan alat teknologi Web 2.0, guru benar-benar memberikan siswa kesempatan untuk belajar sendiri dan berbagi bahwa belajar dengan rekan mereka. Salah satu implikasi banyak dari teknologi Web 2.0 pada diskusi kelas adalah gagasan bahwa guru tidak lagi mengendalikan diskusi. Sebaliknya, Russell dan Sorge (1999) menyimpulkan bahwa mengintegrasikan teknologi ke dalam instruksi cenderung bergerak ruang kelas dari guru yang didominasi lingkungan untuk orang yang lebih berpusat pada siswa.Sementara itu masih penting bagi mereka untuk memantau apa yang siswa membahas, topik aktual pembelajaran sedang dipandu oleh mahasiswa sendiri.
Web 2.0 panggilan untuk pergeseran besar dalam cara pendidikan diberikan untuk siswa. Salah satu perubahan terbesar yang Akan Richardson menunjukkan dalam bukunya Blog, Wiki, Podcast, dan Lainnya Perangkat Web Powerfull untuk Ruang Kelas adalah kenyataan bahwa pendidikan harus tidak hanya secara sosial tetapi bersama-sama dibangun. Ini berarti bahwa siswa, di kelas Web 2.0, diharapkan dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka. Dengan membuat perpindahan ke kelas Web 2.0, guru menciptakan suasana yang lebih terbuka di mana siswa diharapkan untuk tetap terlibat dan berpartisipasi dalam diskusi dan pembelajaran yang terjadi di sekitar mereka. Bahkan, ada banyak cara bagi pendidik untuk menggunakan teknologi Web 2.0 di kelas mereka.
“Weblogs tidak dibangun di atas potongan statis konten Sebaliknya mereka terdiri dari refleksi dan percakapan yang dalam banyak kasus diperbarui setiap hari [...] Mereka menuntut interaksi..”. observasi Will Richardson dari esensi weblog berbicara langsungmengapa blog begitu cocok untuk ruang kelas diskusi berbasis.Weblog memberikan siswa ruang publik untuk berinteraksi satu sama lain dan isi kelas. Selama siswa diinvestasikan dalam proyek, kebutuhan untuk melihat tindakan kemajuan blog sebagai motivasi sebagai blog itu sendiri menjadi suatu entitas yang dapat menuntut interaksi.
Penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah menggunakan alat-alat teknologi, tetapi mereka masih diharapkan untuk pergi ke sekolah mana menggunakan alat ini adalah disukai atau bahkan dihukum.Jika pendidik dapat memanfaatkan kekuatan dari teknologi Web 2.0 siswa menggunakan, dapat diharapkan bahwa jumlah partisipasi dan diskusi kelas akan meningkat. Bisa jadi bagaimana partisipasi dan diskusi dihasilkan adalah sangat berbeda dengan kelas tradisional, tapi tetap itu tidak meningkat.
Web 2.0 panggilan untuk pergeseran besar dalam cara pendidikan diberikan untuk siswa. Salah satu perubahan terbesar yang Akan Richardson menunjukkan dalam bukunya Blog, Wiki, Podcast, dan Lainnya Perangkat Web Powerfull untuk Ruang Kelas adalah kenyataan bahwa pendidikan harus tidak hanya secara sosial tetapi bersama-sama dibangun. Ini berarti bahwa siswa, di kelas Web 2.0, diharapkan dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka. Dengan membuat perpindahan ke kelas Web 2.0, guru menciptakan suasana yang lebih terbuka di mana siswa diharapkan untuk tetap terlibat dan berpartisipasi dalam diskusi dan pembelajaran yang terjadi di sekitar mereka. Bahkan, ada banyak cara bagi pendidik untuk menggunakan teknologi Web 2.0 di kelas mereka.
“Weblogs tidak dibangun di atas potongan statis konten Sebaliknya mereka terdiri dari refleksi dan percakapan yang dalam banyak kasus diperbarui setiap hari [...] Mereka menuntut interaksi..”. observasi Will Richardson dari esensi weblog berbicara langsungmengapa blog begitu cocok untuk ruang kelas diskusi berbasis.Weblog memberikan siswa ruang publik untuk berinteraksi satu sama lain dan isi kelas. Selama siswa diinvestasikan dalam proyek, kebutuhan untuk melihat tindakan kemajuan blog sebagai motivasi sebagai blog itu sendiri menjadi suatu entitas yang dapat menuntut interaksi.
Penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah menggunakan alat-alat teknologi, tetapi mereka masih diharapkan untuk pergi ke sekolah mana menggunakan alat ini adalah disukai atau bahkan dihukum.Jika pendidik dapat memanfaatkan kekuatan dari teknologi Web 2.0 siswa menggunakan, dapat diharapkan bahwa jumlah partisipasi dan diskusi kelas akan meningkat. Bisa jadi bagaimana partisipasi dan diskusi dihasilkan adalah sangat berbeda dengan kelas tradisional, tapi tetap itu tidak meningkat.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0
Web 3.0 (Desain)
Web 3.0 (Desain)
RSS. Sebuah Web 3.0 driver
Dalam sepuluh tahun mendatang RSS dan teknologi yang terkaitakan menjadi teknologi Internet yang paling penting karena kualitas tertentu untuk pengembangan web baru karena benar-benar Sangat sederhana. Setiap orang yang memiliki pengetahuan yang sedikit coding dapat menghasilkan sebuah extensible, standart berdasarkan database informasi yang dapat ditransfer ke hampir semua situs web modern lainnya.
Jika Web 3.0 adalah Semantic Web, di mana mesin membaca konten seperti manusia kemudian RSS akan menjadi matanya.RSS teknologi masih dalam menggunakan luas terutama di portalberita online. Model seluruh bisnis telah diciptakan sekitar menggabungkan meta-data. IGoogle, Netvibes MyIndiaTims danmemungkinkan pengguna untuk membuat homepage pribadi mereka sendiri, menggambar banyak konten dari RSS feed yang pengguna pilih.
Kecenderungan alat RSS akan ditingkatkan di masa depan dimana pengguna dapat mencakup sejumlah data-poin. Setiap posting blog, feed microblogging masa depan dapat mempersonalisasi sesuai dengan penggunanya, keinginan karena setiap gambar, setiap klip video, musik setiap akan dicari,taggable dan XML berbasis berkolaborasi. Contoh terbesar dari yang sudah ada di web portal bernama MyIndiaTims.com.
Kekuatan sebenarnya dari Web 3.0 akan di digunakan dalam menciptakan data dan mentransfer secara efektif.
Jika Web 3.0 adalah Semantic Web, di mana mesin membaca konten seperti manusia kemudian RSS akan menjadi matanya.RSS teknologi masih dalam menggunakan luas terutama di portalberita online. Model seluruh bisnis telah diciptakan sekitar menggabungkan meta-data. IGoogle, Netvibes MyIndiaTims danmemungkinkan pengguna untuk membuat homepage pribadi mereka sendiri, menggambar banyak konten dari RSS feed yang pengguna pilih.
Kecenderungan alat RSS akan ditingkatkan di masa depan dimana pengguna dapat mencakup sejumlah data-poin. Setiap posting blog, feed microblogging masa depan dapat mempersonalisasi sesuai dengan penggunanya, keinginan karena setiap gambar, setiap klip video, musik setiap akan dicari,taggable dan XML berbasis berkolaborasi. Contoh terbesar dari yang sudah ada di web portal bernama MyIndiaTims.com.
Kekuatan sebenarnya dari Web 3.0 akan di digunakan dalam menciptakan data dan mentransfer secara efektif.
Calon teknologi Web 3.0
Web 3.0 akan digunakan dalam berbagai teknologi komputer dan Internet. Berikut adalah daftar web 3.0 pengguna:
kecerdasan buatan
otomatis penalaran
kognitif arsitektur
komposit aplikasi
komputasi terdistribusi
representasi pengetahuan
Ontologi (ilmu komputer)
rekombinan teks
Scalable vektor grafis
Semantic Web
Semantic Wiki
software agen
otomatis penalaran
kognitif arsitektur
komposit aplikasi
komputasi terdistribusi
representasi pengetahuan
Ontologi (ilmu komputer)
rekombinan teks
Scalable vektor grafis
Semantic Web
Semantic Wiki
software agen
Definisi Web 3.0 sangat bervariasi. Beberapa percaya fitur yang paling penting adalah Semantic Web dan personalisasi.Berfokus pada elemen komputer, Conrad Wolfram berpendapat bahwa Web 3.0 adalah dimana “komputer ini menghasilkan informasi baru”, bukan manusia.
Tertarik Andrew, penulis The Cult of Amatir, menganggap Semantic Web sebuah “abstraksi unrealisable” dan melihat Web 3.0 sebagai kembalinya para ahli dan otoritas ke Web. Sebagai contoh, ia menunjuk pada kesepakatan Bertelsmann dengan Wikipedia Jerman untuk menghasilkan versi cetak diedit dari ensiklopedia itu. CNN Money Jessi Hempel mengharapkan Web 3.0 muncul dari layanan Web baru dan inovatif 2.0 dengan model bisnis yang menguntungkan.
Futuris John Smart, penulis utama dari Peta Jalan metaverse mendefinisikan Web 3.0 sebagai generasi pertama metaverse (konvergensi dari dunia virtual dan fisik), sebuah pengembangan web lapisan yang mencakup TV video berkualitas terbuka, simulasi 3D, augmented reality, manusia yang dibangun standar semantik, dan menyebar luas broadband, nirkabel, dan sensor. Web 3.0′s realitas geosocial (Foursquare, dll) dan ditambah awal (Layar, dll) jaring merupakan perpanjangan dari Web 2.0′s teknologi partisipatif dan jaringan sosial (Facebook, dll) ke dalam ruang 3D.Dari semua metaverse yang seperti perkembangan, Smart menunjukkan Web 3.0 Karakteristik paling menentukan akan menjadi difusi massa NTSC atau lebih baik kualitas video terbuka untuk TV, laptop, tablet, dan perangkat mobile, saat “menelan internet televisi”. Cerdas menganggap Web 4.0 menjadi Web Semantic dan khususnya, munculnya statistik, mesin yang dibangun tag semantik dan algoritma, didorong oleh penggunaan kolektif luas antarmuka percakapan, mungkin sekitar tahun 2020. David Siegel perspektif dalam Tarik: Kekuatan Semantic Web, Desember 2009 adalah konsonan dengan ini, mengusulkan bahwa pertumbuhan manusia dibangun standar semantik dan data akan menjadi lambat, industri-spesifik proses inkremental tahun-tahun mendatang, mungkin tidak akan menjadi ujung luas sosial utilitas sampai setelah 2020.
Menurut beberapa ahli Internet, Web 3.0 akan memungkinkan pengguna untuk duduk kembali dan membiarkan Internet melakukan semua pekerjaan untuk mereka. Daripada harus cari perlengkapan mesin terhadap kata kunci Anda., Mesin pencari akan gigi terhadap pengguna. Kata kunci akan dicari berdasarkan budaya, wilayah, dan jargon.
Tertarik Andrew, penulis The Cult of Amatir, menganggap Semantic Web sebuah “abstraksi unrealisable” dan melihat Web 3.0 sebagai kembalinya para ahli dan otoritas ke Web. Sebagai contoh, ia menunjuk pada kesepakatan Bertelsmann dengan Wikipedia Jerman untuk menghasilkan versi cetak diedit dari ensiklopedia itu. CNN Money Jessi Hempel mengharapkan Web 3.0 muncul dari layanan Web baru dan inovatif 2.0 dengan model bisnis yang menguntungkan.
Futuris John Smart, penulis utama dari Peta Jalan metaverse mendefinisikan Web 3.0 sebagai generasi pertama metaverse (konvergensi dari dunia virtual dan fisik), sebuah pengembangan web lapisan yang mencakup TV video berkualitas terbuka, simulasi 3D, augmented reality, manusia yang dibangun standar semantik, dan menyebar luas broadband, nirkabel, dan sensor. Web 3.0′s realitas geosocial (Foursquare, dll) dan ditambah awal (Layar, dll) jaring merupakan perpanjangan dari Web 2.0′s teknologi partisipatif dan jaringan sosial (Facebook, dll) ke dalam ruang 3D.Dari semua metaverse yang seperti perkembangan, Smart menunjukkan Web 3.0 Karakteristik paling menentukan akan menjadi difusi massa NTSC atau lebih baik kualitas video terbuka untuk TV, laptop, tablet, dan perangkat mobile, saat “menelan internet televisi”. Cerdas menganggap Web 4.0 menjadi Web Semantic dan khususnya, munculnya statistik, mesin yang dibangun tag semantik dan algoritma, didorong oleh penggunaan kolektif luas antarmuka percakapan, mungkin sekitar tahun 2020. David Siegel perspektif dalam Tarik: Kekuatan Semantic Web, Desember 2009 adalah konsonan dengan ini, mengusulkan bahwa pertumbuhan manusia dibangun standar semantik dan data akan menjadi lambat, industri-spesifik proses inkremental tahun-tahun mendatang, mungkin tidak akan menjadi ujung luas sosial utilitas sampai setelah 2020.
Menurut beberapa ahli Internet, Web 3.0 akan memungkinkan pengguna untuk duduk kembali dan membiarkan Internet melakukan semua pekerjaan untuk mereka. Daripada harus cari perlengkapan mesin terhadap kata kunci Anda., Mesin pencari akan gigi terhadap pengguna. Kata kunci akan dicari berdasarkan budaya, wilayah, dan jargon.